Iklan

 


Hukum Memakai Jilbab Bagi Perempuan Muslimah Dalam Islam

Minggu, 07 Februari 2021 | 14:18 WIB Last Updated 2021-02-07T07:18:36Z

 



Dalam Islam,semua wanita mulai dari balita hingga dewasa di wajibkan untuk memakasi jilbab. Hal ini di karenakan jilbab merupakan salah satu hal yang wajib untuk menutupi kepala wanita yang merupakan bagian dari aurot dan wajib menutupi hingga ke bagian dada.

Dalam kamus Lisaan Al-Arab jilbab berasal dari kata Al-Jalb yang berarti,menjulurkan atau memaparkan sesuatu dari satu tempat ke tempat yang lainnya.

Islam sendiri mewajibkan muslimah untuk mengenakan jilbab diatas pakaian rumahnya. Hal ini berdasarkan firman Allah SWT. dalam surat Al-Ahzab ayat 59,yang berbunyi :"Hai,Nabi katakanlah kepada isteri-isterimu,anak anak perempuanmu,dan isteri isteri orang mukmin hendaklah mereka menjulurkan hijab nya keseluruh tubuh mereka."

Ada dua alasan mengapa wanita muslimah wajib menggunakan jilbab. Yang pertama supaya dapat di kenali dan menjadi ciri pembeda antara perempuan lainnya. Dan yang kedua adalah agar terjaga kewibawaan karakter dan watak perempuannya,dalam ayat tersebut agar tidak di sakiti atau tidak di ganggu.

Pada zaman sekarang,hijab menjadi salah satu fashion bagi kebanyakan wanita muslim,sehingga banyak yang mengenakannya dengan berbagai model yang sangat cantik. Beda dengan zaman dulu bahwa jilbab di nilai sebagai sebuah pakaian yang jadul karena model nya yang hanya itu itu saja,namun kini semakin banyak designer designer yang membuat berbagai macam model hijab,seperti contoh pashmina yang sangat mudah untuk digunakan jika hendak pergi ke acara acara yang formal maupun non-formal.

Namun,dengan adanya perkembangan tersebut membuat para wanita muslimah yang memakai jilbab tidak menutupi bagian dadanya,dan hanya menutup bagian kepalanya saja. Padahal sudah jelas jelas tertulis bahwa,"Jilbāb adalah busana muslim terusan panjang menutupi seluruh badan kecuali tangan, kaki dan wajah yang biasa dikenakan oleh para wanita muslim." Jadi,diawajibkan untuk menutupi bagian dada para wanita muslimah.

Semoga seiring bertambahnya usia bumi,manusia manusia semakin sadar atas tingkah dan perbuatan nya masing - masing. Agar dapat saling mengingatkan satu sama lain. Aamiin.

Sent from Mail for Windows 10

 

 


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Hukum Memakai Jilbab Bagi Perempuan Muslimah Dalam Islam

Trending Now

Iklan