Iklan

 


Kadinkes Provinsi Bengkulu Sarankan Pasien Covid-19 Tanpa Gejala Isolasi Mandiri di Rumah Masing-masing

Selasa, 05 Januari 2021 | 21:51 WIB Last Updated 2021-01-05T14:51:46Z

 


Kadinkes Provinsi Bengkulu Sarankan Pasien Covid-19 Tanpa Gejala Isolasi Mandiri di Rumah Masing-masing
Kadinkes Provinsi Bengkulu Sarankan Pasien Covid-19 Tanpa Gejala Isolasi Mandiri di Rumah Masing-masing

Harian Bengkulu
- Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu Herwan Antoni mengumumkan pasien Covid-19 tanpa gejala untuk melakukan isolasi mandiri di rumah selama dua pekan. Hal ini dilakukan sebagai langkah antisipasi terbatasnya tempat tidur di ruang isolasi dan ICU di setiap rumah sakit rujukan pasien Covid-19 di Bengkulu.


"Kita mengimbau pasien Covid-19 tanpa gejala sebaiknya menjalani isolasi mandiri di rumah dan tak usah dirawat di rumah sakit karena fisik mereka masih kuat. Dengan demikian, tempat tidur di ruang isolasi dan ICU di rumah sakit rujukan Covid-19 masih tersedia dengan baik," kata Herwan di Bengkulu, Selasa (5/1).


Menurut Herwan, imbauan ini disampaikan mengingat kasus Covid-19 di Bengkulu terus bertambah setiap harinya di atas 10 orang. Akibatnya, tempat tidur yang kosong di setiap rumah sakit rujukan Covid-19 terus berkurang. 


Namun, lanjutnya, jika pasien Covid-19 tanpa gejala tidak dirawat di rumah sakit, tapi cukup menjalani isolasi mandiri di rumah, maka tempat tidur yang tersedia di ruang isolasi dan ICU di setiap rumah sakit rujukan masih aman meski kasus Covid-19 terus bertambah.


Herwan mengatakan, dari 13 rumah sakit rujukan Covid-19 di Bengkulu, memiliki 233 tempat tidur baik diruang isolasi maupun ICU. Dari jumlah tersebut, yang sudah terpakai sebanyak 100 tempat tidur, sehingga masih tersisa tempat tidur yang kosong sebanyak 133 unit.


Tempat tidur yang kosong sebanyak ini tersebar di 13 rumah sakit rujukan penanganan Covid-19 di 10 kabupaten dan kota Bengkulu. Namun, Herwan Antoni tidak menjelaskan secara pasti jumlah tempat tidur masih kosong di masing-masing rumah sakit rujukan.


"Saat ini masih ada tempat tidur kosong sebanyak 133 unit yang tersebar di 13 rumah sakit rujukan di 10 kabupaten dan kota. Jika kasus Covid-19 di Bengkulu, dalam waktu singkat tidak bertambah signifikan tempat tidur yang ada sekarang masih aman bagi pasien baru virus corona di daerah ini," tambahnya.


Meski demikian, kata Herwan, Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu dan Satgas Penanganan Covid-19 setempat telah menyiapkan 4 rumah sakit dararut Covid-19 untuk mengantisipasi peningkatkan kasus Covid-19.


Adapun 4 rumah sakit rujukan yang disiapkan untuk menampung pasien Covid-19 di daerah ini, yakni Rusunawa Bengkulu Selatan. Wisma Atlet di Bengkulu Utara, UPT Pelatihan Kesehatan milik Dinkes Bengkulu dan kantor PMI Kabupaten Rejang Lebong.


"Empat rumah sakit ini diperkirakan memiliki sekitar 400 tempat tidur, sehingga pasien Covid-19 yang tidak tertampung di rumah sakit rujukan dapat menjalani perawatan dan isolasi di 4 rumah sakit darurat tersebut," ujarnya.


Untuk menekan penambahan kasus Covid-19 di Bengkulu, Herwan Atoni meminta masyarakat mentaati protokol kesehatan bila berada di luar rumah, seperti mencuci tangan pakai sabun di air mengalir, memakai masker, dan menjaga jarak serta menghindari kerumunan.


"Jika hal ini dapat dilaksanakan masyarakat Bengkulu dengan tertib maka insyaallah akan terhindar dari terpapar virus corona. Mencuci tangan pakai sabun di air mengalir, memakai masker dan jaga jarak merupakan salah satu cara paling tempat mencegah terpapar virus mematikan tersebut," ujarnya.

 


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kadinkes Provinsi Bengkulu Sarankan Pasien Covid-19 Tanpa Gejala Isolasi Mandiri di Rumah Masing-masing

Trending Now

Iklan