Iklan

 


Dampak Narkoba Bagi Kondisi Emosional

Minggu, 24 Januari 2021 | 10:00 WIB Last Updated 2021-01-24T03:00:00Z

 


DATA PENULIS :

Nama   :   Anisa Hasna Tsabitah

Institusi : Mahasiswi Psikologi, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka, Jakarta

Email    :    anisahasna25@gmail.com

Media sosial    :    @aniisahasna (Instagram)

Profil Penulis    :



Kategori   :   Artikel Kesehatan

Tema   :   Kesehatan


Emosi akibat penggunaan narkoba


Dampak Narkoba Bagi Kondisi Emosional


Emosi adalah bagian penting dari manusia, karena emosi mewarnai suasana hati dan semangat, emosi inilah sebagai penggerak kita di setiap aktifitas kita sehari-hari. 


Emosi terbagi menjadi 2 jenis, ada emosi positif dan ada emosi negatif. Emosi positif bisa berupa perasaan gembira, rasa cinta, rasa syukur, rasa sayang. Sementara emosi negatif berupa perasaan sedih, takut, kecewa, sepi dan sebagainya.


Dalam kehidupan kita, proses perkembangan bukan hanya berupa mengekspresikan emosi, tetapi kita harus bisa juga meregulasikan emosi. Regulasi emosi artinya mengendalikan emosi kita. 


Lalu, apa kaitan emosi seseorang dengan narkoba? Dan dampak apa saja yang diberikan narkoba terhadap kondisi emosional seseorang?


Kata “narkoba” sudah pasti tidak asing lagi, karena dampak buruk narkoba tersebut mempengaruhi tingkah laku manusia, terutama kondisi psikologis manusia, salah satunya emosi. Emosi negatif pada pengguna narkoba akan lebih dominan sehingga pengguna narkoba akan menjadi orang yang: 

1. pemurung

2. pemarah

3. mudah cemas

4. paranoid

5. bahkan terdorong untuk melakukan tindak kriminal

6. Serta masih banyak lagi emosi negatif lainnya yang berpengaruh pada kondisi emosional pengguna narkoba.


Hal tersebut dikarenakan kandungan narkoba yang dapat merusak syaraf-syaraf pada manusia dan menyebabkan manusia tidak dapat mengendalikan emosinya. Banyaknya dampak negatif dari penggunaan narkoba tersebut maka diperlukan perhatian lebih bagi kita untuk menjaga lingkungan dari pengaruh narkoba, karena lingkungan dan orang sekitar sangat mempengaruhi sikap ataupun karakter kita, terutama pada anak remaja. 


Pengetahuan mengenai narkoba dan dampaknya harus disosialisasikan selain di sekolah, juga harus disosialisasikan dalam lingkungan masyarakat. Mari kita bersama-sama belajar menjadi orang yang bijak dalam menentukan.

 


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dampak Narkoba Bagi Kondisi Emosional

Trending Now

Iklan