Iklan

 


Viral! Inilah Empat Tipe Informasi di Media Massa

Senin, 21 Desember 2020 | 08:56 WIB Last Updated 2020-12-27T13:41:48Z

 



HarianBengkulu.com
- Tanpa disadari, kehidupan sosial begitu sarat akan kebutuhan informasi. Manusia modern terbiasa menampung sedikitnya 10 informasi setiap harinya. Mulai dari informasi sekitar, nasional maupun internasional.


Informasi yang diterima datang dari berbagai macam media. Seperti media langsung (mulut ke mulut), media cetak, sampai dengan media digital seperti televisi, radio dan internet. 


Adapun informasi yang diterima juga bermacam-macam. Maka hal inilah yang menjadi tema besar pada pembahasan kali ini.


Pada umumnya, garis besar penyiaran informasi dibagi menjadi empat macam. Yaitu; informasi penting dan menarik, informasi penting dan tidak menarik, informasi tidak penting dan menarik, serta yang terakhir informasi tidak penting dan tidak menarik.


Informasi Penting dan Menarik


Informasi penting dan menarik biasanya terletak pada pemberitaan yang melibatkan suatu tokoh dan bersentuhan langsung dengan kepentingan pembaca. Sehingga dapat mengundang minat pembaca dalam jumlah yang besar.


Salah satu contoh, yaitu pemberitaan tentang menteri yang tersandung kasus korupsi dana bantuan sosial (Bansos). Hal ini menjadi menarik karena terdapat tokoh pejabat didalamnya, dan penting karena Bansos yang dikorupsi adalah hak rakyat (pembaca).


Biasanya pemberitaan seperti ini selalu menempati kolom trending topik di berbagai perusahaan penyiaran atau media massa.


Informasi Penting dan Tidak Menarik


Informasi yang penting namun tidak menarik biasanya kurang mendapat minat pembaca. Walaupun penting, namun kebanyakan pembaca tidak merasa perlu untuk mengetahui informasi tersebut.


Seperti halnya pemberitaan soal turunnya nilai tukar rupiah, peluang investasi dan negara yang sedang resesi ekonomi. Informasi seperti ini tentu penting. Namun tidak terlalu ampuh menarik minat para pembaca. Karena tidak semua pembaca yang mengerti dan merasa tertarik dengan hal tersebut. 


Informasi Tidak Penting dan Menarik


Informasi yang tidak penting namun menarik adalah masterpiece dari empat klasifikasi ini. Pemberitaan yang menarik selalu ampuh mengundang minat pembaca, meskipun jauh dari kata penting. Kolom informasi ini di isi dengan pemberitaan seputar selebritis dan dunia hiburan


Tak jarang, tingginya trafik pembaca terkhusus di situs berita online selebritis membuat server menjadi down. Hal itu pernah terjadi pada salah satu media online terkemuka di Indonesia. Pada saat itu sedang hangat-hangatnya isu tentang video skandal yang melibatkan tiga nama artis tersohor beberapa tahun lalu.


Sudah menjadi rahasia umum, jika pembaca lebih tertarik kepada hal-hal berbau pribadi, terutama para tokoh tersohor dan artis dunia hiburan.


Informasi Tidak Penting dan Tidak Menarik


Terakhir, yaitu informasi tidak penting dan juga tidak menarik. Informasi seperti ini seringkali menjadi bahan olokan di media sosial. Dari judulnya saja sudah membuat pembaca tidak tertarik, apalagi lanjut membaca.


Beberapa berita yang tidak penting dan tidak menarik ini sempat beberapa kali hadir di pemberitaan media massa. Salah satunya yaitu artikel tentang "jalan menuju Puncak di hari Minggu diperkirakan macet". Artikel semacam ini tidak akan mengundang minat pembaca, karena jalan Puncak macet di hari Minggu adalah informasi umum yang sudah diketahui semua orang.


Namun, disisi lain juga terdapat informasi serupa yang menjadi viral dan menarik jutaan pembaca. Seperti artikel artis Nia Ramadhani yang tak bisa masak telor ceplok, Lesti memutuskan untuk memakai behel, dan celana dalam Dinar Candy dijual ratusan juta.


Dalam hal ini, dapat disimpulkan jika informasi yang paling ampuh menarik pembaca adalah seputar kehidupan pribadi para tokoh dan artis. Apalagi informasi tersebut dikemas dengan isu yang menarik bahkan menohok sekalipun.

 


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Viral! Inilah Empat Tipe Informasi di Media Massa

Trending Now

Iklan