Iklan

 


Akibat Ramai di Petamburan, Tersangka Rizieq Masuk Rutan dan Tiga Tersangka Lain Masuk Hutan

Senin, 14 Desember 2020 | 01:52 WIB Last Updated 2020-12-27T13:33:38Z

 


 


HarianBengkulu.com - Ditetapkannya Habib Rizieq Shihab sebagai tersangka kasus pelanggaran protokol kesehatan di Petamburan, Jakarta Pusat, belum lama ini santer menjadi bahasan hangat di meja publik. Setelah ditetapkan jadi tersangka, kini Rizieq terpaksa mendekam di Hotel Prodeo.

Sebelumnya, polisi telah menetapkan enam orang tersangka yang terlibat dalam kasus ini. Dari enam orang tersebut, empat diantaranya telah diperiksa oleh polisi, salah satunya adalah Rizieq Shihab. 

Anehnya, dari keempat tersangka yang telah diperiksa, hanya Rizieq Shihab lah yang ditahan. Sementara ketiga tersangka lainnya hanya dicecari beberapa pertanyaan saja pada saat pemeriksaan. Tentu hal ini mengundang tanya dari banyak pihak, terlebih soal apa yang terjadi sebenarnya.

Pengacara Front Pembela Islam (FPI), Azis Yanuar mengamini kabar tersebut. Ia mengatakan, tiga orang tersangka kasus pelanggaran protokol kesehatan di Petamburan, tidak dilakukan penahanan oleh penyidik Polda Metro Jaya usai diperiksa pada Ahad, 13 Desember 2020 kemarin.

"Kita dampingi tiga tersangka lainnya, Alhamdulillah sudah hampir selesai. Kalau selesai administrasi, kemungkinan mereka bisa diperbolehkan pulang," kata Azis di Mapolda Metro Jaya, seperti dikutip dari Kompas.com.

Aziz bilang, tiga orang tersangka ini meminta untuk ditahan bersama Imam Besar FPI Habi Rizieq Shihab. Hal itu sebagai bentuk tanggungjawab atas kegiatan yang menyebabkan kerumunan seperti pada acara Maulid Nabi Muhammad SAW, beberapa hari lalu.

"Tidak seperti harapan mereka, awalnya mereka minta ditahan," ujar Aziz.

"Mereka bertanggungjawab. Habib Rizieq hanya undangan di situ dan salah satu peserta juga. Makanya, rasa pertanggungjawaban dan cinta mereka kepada HRS," jelasnya.

Namun, dari pihak kepolisian belum ada penjelasan mengenai nasib ketiga tersangka tersebut, walaupun mereka punya andil besar dalam kasus di Petamburan.

Menyambut kabar ini, Kabid Polda Metro Jaya, Yusri Yunus menjelaskan kronologi yang terjadi. Menurutnya, ketiga orang tersangka itu menyerahkan diri pada Minggu dini hari, sekira jam 01.00 WIB. Mereka datang dengan didampingi pengacaranya.

"Dinihari mereka beserta pengacara mendatangi Polda Metro Jaya untuk menyerahkan diri. Tetap kita sambut dengan kegiatan protokol kesehatan," ujar Yusri.

Kemudian, kata Yusri, ketiga tersangka itu dilakukan test swab antigen dan hasilnya negatif, sehingga dilanjutkan pemeriksaan terkait kasus ini pada pukul 02.00 WIB. penyidik pun memberikan kesempatan kepada mereka untuk beristirahat disela pemeriksaan.

Namun, hal itu berbeda jauh dengan apa yang diterima Rizieq. Ia langsung ditetapkan sebagai tersangka usai melakukan pemeriksaan. Terbukti saat keluar ruangan, Rizieq sudah mengenakan pakaian warna oranye yang bertuliskan "tahanan".

Rizieq sendiri ditahan usai menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya pada Sabtu, 12 Desember 2020 kemarin. Ia menjalani pemeriksaan kurang lebih 14 jam dengan dicecar 84 pertanyaan.

 


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Akibat Ramai di Petamburan, Tersangka Rizieq Masuk Rutan dan Tiga Tersangka Lain Masuk Hutan

Trending Now

Iklan